Friday, July 15, 2016

Belajar Bahasa Pemrograman C++

Logo bahasa C++ SEJARAH C++ Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasa... thumbnail 1 summary
Belajar Bahasa Pemrograman C++
Logo bahasa C++


SEJARAH C++


Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut disebut C dengan kelas ( C wih class).
Selama tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas pembebanlebihan operator dan fungsi yang kemudian melahirkan apa yang disebut C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C. Borland International merilis compiler Borland C++ dan Turbo C++.
Kedua compiler ini sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Bedanya, Borland C++ selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, juga dapat digunakan untuk pemrograman Windows. Selain Borland International, beberapa perusahaan lain juga merilis compiler C++, seperti Topspeed C++ dan Zortech C++. Sedangkan saya sendiri biasa menggunakan Dev-C++ dan Code-Blocks, semua tersera anda.

Source Code Syntax Bahasa C:


#include<stdio.h>

int main()
{
    char pesan[] = "Hai, C Programmers";
    printf(pesan);

    return 0;
}

Source Code Syntax Bahasa C++:


#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
    string pesan = "Hai, C++ Programmers";
    cout << pesan << endl;

    return 0;
}


TENTANG C++


C++ diciptakan untuk mendukung pemrograman berorientasi pada objek (Object Oriented Pragramming/OOP) yang tidak dimiliki Bahasa C. sementara C merupakan bahasa pemrograman terbaik dilingkungannya, namun bahasa ini tidak memiliki kemampuan OOP. Reputasi C tidak diragukan lagi dalam menghasilkan program .EXE berukuran kecil, eksekusi yang cepat,antarmuka (interfacing) yang sederhana dengan bahasa lain dan fleksibilitas pemrograman. Apa yang membuat C tampak sukar dipelajari mungkin karena tiadanya pemeriksaan tipe. Sebagai contoh, dapat mencampur bilangan bulat dengan string untuk menghasilkan karakter. Namun, justru dsitu letak fleksibilitas C, dapat mengolah data C sebebas mengolah data dalam bahasa assembly.

STRUKTUR BAHASA C++


Program C maupun C++ selalu tersusun dari 4 (empat) bagian utama, yaitu :

  1. Bagian komentar yang ditandai dengan symbol // dan pasangan /* … */
  2. Bagian pengarah compiler yang ditandai dengan symbol #
  3. Bagian deklarasi
  4. Bagian definisi
Sekian dulu untuk perkenalan hari ini.


baca juga : Tipe Data dan Variabel Bahasa C


Kesimpulannya, C++ merupakan pengembangan dari bahasa C, C++ juga sering di sebut C with class(C dengan Kelas), jika bahasa C tidak punya kelas dan tidak bisa Object Oriented Programming, dalam bahasa C++ hal tersebut memungkinkan.

No comments

Post a Comment